3 Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia U-20, Ada Penggawa Werder Bremen

Suara.com – Berikut tiga pemain keturunan yang kabarnya sudah masuk kantong Indra Sjafri untuk membela Timnas Indonesia U-20, di mana salah satunya merupakan pemain Werder Bremen.

Saat Timnas Indonesia senior berjuang di Piala Asia 2023, Timnas U-20 juga disibukkan dengan agenda tersendiri bersama sang pelatih, Indra Sjafri.

Memanfaatkan jeda kompetisi, terutama Liga 1 2023/2024, Indra Sjafri mengagendakan pemusatan latihan untuk Timnas Indonesia U-20.

Pemusatan latihan ini dilakukan sejak akhir Desember 2023 kemarin dan akan berakhir pada 28 Januari 2024 dengan melakoni laga uji coba.

Laga uji coba yang dilakoni Timnas Indonesia U-20 sendiri akan berlangsung sebanyak dua kali yakni melawan Uzbekistan dan Thailand pada tanggal 26 dan 30 Januari 2024.

Adapun tujuan pemusatan latihan dan uji coba ini untuk mematangkan persiapan jelang partisipasi Timnas Indonesia U-20 di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Dalam kesempatan ini, Indra Sjafri tak hanya mengandalkan pemain dalam negeri saja. Kabarnya, ia memanfaatkan pemusatan latihan ini untuk mencari para pemain keturunan.

Sebelumnya, Indra Sjafri sempat memanggil Gabriel Han Wilhoft-King. Tapi pemain Tottenham Hotspur itu menolak bergabung TC Timnas Indonesia U-20 karena harus naturalisasi.

Kini, Indra Sjafri disebutkan telah memiliki sederet nama pemain keturunan kelahiran 2005 untuk Timnas Indonesia U-20. Siapa saja para pemain tersebut?

1. Ethan Kohler

Profil Ethan Kohler, pemain keturunan Indonesia yang diincar Werder Bremen. [IG/@ethan_kohler05]

Dilansir dari cuitan akun @FT_IDN di X (Twitter), Indra Sjafri sudah mengantongi nama Ethan Kohler untuk dijajaki guna membela Timnas Indonesia U-20.

Ethan Kohler sendiri merupakan pemain keturunan Amerika Serikat-Indonesia. Sang ayah diketahui berasal dari Amerika Serikat dan sang ibu merupakan warga asli Bali.

Saat ini, pemain berusia 18 tahun itu bermain di Jerman bersama Werder Bremen II atau tim cadangan Werder Bremen yang bertarung di kasta kelima (Bremenliga).

Baca Juga  Bagaimana Akibatnya Jika Tanaman Hias Depan Rumah Sering Terkena Hujan

Adapun posisi yang dimainkan Ethan Kohler sendiri gelandang bertahan. Selain itu, ia juga bisa dimainkan sebagai bek tengah.

2. Kaya Symons

Kaya Symons (kenakan jersey Timnas Belanda) [instagram]
Kaya Symons (kenakan jersey Timnas Belanda) [instagram]

Indra Sjafri juga mengantongi nama pemain keturunan yang tersebar di Belanda untuk membela Timnas Indonesia U-20. Salah satunya adalah Kaya Symons.

Kaya Symons sendiri merupakan pemain berpaspor Belanda. Darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya didapatkan dari sang kakek yang disebut berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Saat ini, pemain yang juga baru berusia 18 tahun itu bermain bersama salah satu klub top Belanda, yakni Vitesse Arnhem. Hanya saja, dirinya saat ini bermain bersama tim U-21.

Meski bermain di tim U-21, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini sempat dilirik tim utama usai tampil apik di kompetisi U-21 Liga Belanda dengan torehan 1 gol dan 1 assist dari 11 laga.

3. Xavi Woudstra

Selain Kaya Symons, Indra Sjafri juga melirik pemain keturunan Indonesia lainnya di Belanda pada diri Xavi Woudstra untuk membela Timnas U-20.

Xavi Woudstra merupakan pemain berpaspor Belanda yang memiliki darah Indonesia, tepatnya dari Maluku. Saat ini, usianya sendiri baru 19 tahun.

Dibandingkan dua nama sebelumnya, Xavi Woudstra punya rekam jejak apik. Ia merupakan jebolan akademi Ajax Amsterdam dan kini bermain di SC Heerenveen, klub yang dibela Thom Haye.

Bahkan Xavi Woudstra sudah mendapat debut di tim utama saat baru berusia 17 tahun dan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu telah bermain untuk Timnas Belanda U-18.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *