dari Level Megawati sampai Kaesang

Suara.com – Saat ini, sudah ada 6 anak Presiden RI yang sedang atau pernah menjabat sebagai ketua umum (ketum) partai politik. Hal tersebut disampaikan oleh
Juru Bicara Partai Garuda Teddy Gusnaidi dalam menanggapi Kaesang Pangarep yang menjadi pimpinan PSI.

Anak-anak presiden itu selain Kaesang, terdiri dari Megawati Soekarnoputri, Sukmawati, Tommy Soeharto, Yenny Wahid, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Jika keenam sosok ini diadu kehebatannya, kira-kira siapa yang lebih unggul?

Megawati Soekarnoputri

Pemilik nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri itu lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947. Ia adalah anak kedua dari pasangan presiden ke-1 RI Soekarno dan Fatmawati. Mega bisa dibilang titisan sang ayah di bidang politik.

Baca Juga:Mirip Kaesang! Ganjar Kenakan Kemeja Kotak-kotak Saat Hadiri Rapat Rutin Partai Koalisi

Ia sempat menjadi pengurus PDI Jakarta Pusat pada tahun 1986. Selang satu tahun, Mega terpilih sebagai anggota DPR RI periode 1987-1992. Karier politiknya semakin kuat setelah menjabat Ketua Umum (Ketum) PDI selama 1993-1998.

Dikarenakan ada dua pimpinan PDI, PDI kelompok Mega menggelar kongres PDI pada 1998. dan mengganti nama PDI menjadi PDI Perjuangan (PDIP). Posisinya pun tak pernah tergeser karena hingga kini ia masih menjabat sebagai Ketum.

Di sisi lain, pada Pemilu 1999, PDIP memenangkan pemilu. Meski begitu, Mega kalah suara dari Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam Pilpres melalui MPR. Gus Dur sendiri hanya bertahan dua tahun dan Mega menggantikannya untuk periode 2001-2004.

Sukmawati Soekarnoputri

Adik dari Megawati, yakni Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri juga pernah menjadi ketum partai. Anak keempat Soekarno dan Fatmawati itu lahir di Jakarta pada 26 Oktober 1951. Ia pada tahun 1998 membangkitkan Partai Nasional Indonesia (PNI).

Baca Juga  Dear Shin Tae-yong, Striker Liga Belanda Ini Dikabarkan Ingin jadi WNI dan Perkuat Timnas Indonesia

Baca Juga:Kaesang Pangarep Ngaku Kesal Istrinya Kena Hujat, Ciri Pria Capricorn Sejati yang Bertanggung Jawab!

Pembangkitan kembali itu dilakukan dengan mengubah nama partai menjadi PNI Soepeni. Namun, selang empat tahun diubah lagi menjadi PNI Marhaenisme dan ia didapuk sebagai ketua umum. Tak hanya berpolitik, Sukmawati juga seorang pegiat seni.

Tommy Soeharto

Hutomo Mandala Putera atau yang lebih dikenal dengan nama Tommy Soeharto lahir di Jakarta pada 15 Juli 1962. Ia adalah anak kelima dari pasangan presiden ke-2 RI Soeharto dan Siti Hartinah. Ia juga memiliki empat orang kakak dan satu adik.

Ia sempat terlibat beberapa kasus hingga dipenjara. Selesai jalani pidana, Tommy bergabung dengan partai yang sama dengan ayahnya, yakni Golkar. Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2009, ia bahkan menyalonkan diri sebagai Ketum, namun hasilnya gagal.

Tak berhasil di Golkar, tidak membuat Tommy Soeharto putus asa. Ia kemudian mendirikan partai politik bernama Partai Berkarya. Ia pun ditunjuk sebagai Ketua Umum DPP Partai Berkaya periode 2016-2021 yang kini digantikan oleh Muchdi PR.

Yenny Wahid

Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid lahir di Jombang pada 29 Oktober 1974. Ia adalah anak kedua dari pasangan presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Sinta Nuriyah. Ia juga sempat berkarier di bidang politik.

Yenny kerap dipilih sebagai Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2005-2010. Namun, pada tahun 2008, ia dipecat oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Sejak saat itu, ia mulai mendirikan partai politik sendiri.

Ia merintis Partai Kedaulatan Bangsa (PKB) dan langsung didapuk sebagai ketua umumnya. Lalu, pada 2012, dua partai PKB dan Partai Indonesia Baru (PIB) melebur menjadi Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) dan Yenny menjadi ketum.

Baca Juga  Apa Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic? Kapan Harus Ganti?

AHY

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY lahir di Bandung pada 10 Agustus 1978. Ia adalah anak sulung presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herawati. Ia sempat berkarier di bidang militer dan menerima cukup banyak penghargaan.

Namun, usai belasan tahun berada di ranah militer, AHY memutuskan pensiun dan terjun ke dunia politik. Ia sempat mengikuti berbagai pemilihan kepala daerah hingga negara, namun gagal. Lalu, sejak 2020, ia dipercaya menjadi Ketum Partai Demokrat.

Kaesang Pangarep

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana, Kaesang Pangarep lahir di Solo pada 25 Desember 1994. Saat ini, ia tengah menjadi topik perbincangan hangat usai dipercaya menjabat Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Padahal, ia baru saja bergabung dan belum ada pengalaman politik. Tak heran jika banyak yang kontra karena Kaesang sebelumnya berkarier sebagai konten kreator dan pengusaha. Adapun penetapannya itu terjadi pada Senin (25/9/2023).

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *