Ini Arti Delulu, Trululu, dan Solulu yang Mendadak Viral, Kpopers Wajib Tahu!

Suara.com – Komunitas KPop dalam negeri dibuat bingung dengan keberadaan frasa unik yakni delulu, trululu, dan solulu. Apa arti delulu, trululu dan solulu sebenarnya?

Adapun ketiga frasa tersebut muncul secara bersamaan di tengah-tengah komunitas KPop dunia. Kala itu, ada seorang pengguna media sosial yang mengunggah kalimat “The only solulu is be delulu until its trululu,” di kolom komentar akun KPop.

Mendadak, para komunitas KPop dalam negeri mencari-cari tahu arti delulu, trululu, dan solulu yang seolah-olah hanya merupakan suara orang bergumam.

Arti delulu, trululu, dan solulu

Baca Juga:Bikin Terngiang-ngiang, Apa Sih Arti Puh Sepuh yang Viral di TikTok?

Dikutip dari beberapa penjelasan konten kreator KPop, ketiga kata tersebut merupakan istilah plesetan dari beberapa kalimat yang ada di dalam bahasa Inggris

Istilah delulu diambil dari kata delusion atau delusional dalam bahasa Inggris.

Ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, delusion menjadi kata delusi, yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti bersifat delusi atau khayal, yakni pikiran atau pandangan yang tidak rasional.

Delusi juga dapat dijelaskan sebagai sifat kemegahan diri atau perasaan dikejar-kejar, maupun pendapat yang tidak berdasarkan pada kenyataan.

Mengutip penjelasan Lifestyle Asia, kata delulu dipakai oleh komunitas penggemar Korean Pop atau KPop sejak 2014 silam dan kembali muncul kekinian.

Baca Juga:Viral Pelaku Bully Murid SMP di Cilacap Minta Maaf, Warganet Nggak Sudi dan Tantang Duel

Kata delulu dipakai ketika seorang penggemar KPop mengalami delusi terkait dengan idola mereka, seperti berangan-angan menjalin hubungan atau bahkan hingga dengan menikahi para idol KPop.

Kata tersebut juga selaras dengan istilah halu yang kerap dipakai oleh komunitas KPop dalam negeri. Kata halu memiliki arti serupa yakni halusinasi, lebih spesifiknya halusinasi yang dialami oleh seorgan penggemar KPop ketika kasmaran dengan para idol.

Sedangkan kata trululu dan solulu juga merupakan plesetan dari kata dalam bahasa Inggris dengan imbuhan -lulu.

Arti dari kata trululu adalah true yang berarti realita atau kenyataan. Kata itu dipakai dalam frasa “Delulu becomes trululu,” yang berarti delusi menjadi kenyataan.

Baca Juga  Dua Orang Tewas, Saat Ruko yang Ditempati Mereka di Kemayoran Terbakar

Frasa itu dipakai ketika angan-angan seorang penggemar KPop menjadi realita, misalkan ketika ia berkesempatan mendapat balasan dari sang idol hingga berkesempatan bertemu di kehidupan nyata.

Lalu ada kata solulu yang diambil dari kata solution, yang berarti solusi atau jawaban atas masalah yang dialami.

Pemakaian kata solulu terjadi kala angan-angan penggemar KPop tak sesuai dengan realita, sehingga solusi yang terakhir yakni untuk berdelusi.

Pemakaian kata tersebut tampak dari frasa “The only solulu is be delulu until its trululu (Satu-satunya solusi adalah berkhayal sampai akhirnya jadi kenyataan).”

Itulah arti delulu, trululu dan solulu yang viral di kalangan pecinta KPop.

Kontributor : Armand Ilham

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *