Jadwal Debat Capres 2024 Ke-3 Digelar Hari Minggu, Siapa Moderator dan Panelisnya?

Suara.com – Debat ketiga dalam Pimilihan Presiden 2024 akan digelar akhir pekan ini. Jadwal debat capres 2024 ke-3 rencananya diadakan pada Minggu, 7 Januari 2024.

Lalu siapa yang menjadi moderator debat capres 2024 ke-3 nanti? Apakah KPU sudah menunjuk panelis dalam debat capres tersebut?

Sebelum lebih lanjut membahas seputar siapa moderator dan panelis, mari kita simak dahulu informasi seputar jadwal debat capres 2024 ke-3 berikut ini.

Jadwal Debat Ketiga Capres 2024

KPU telah menetapkan tanggal pelaksanaan debat capres 2024 ke-3 yaitu pada 7 Januari 2024. Dimana stasiun televisi pelaksana acara adalah MNC TV.

Dalam debat ketiga ini, KPU sepakat untuk mengangkat isu terkait pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Jika mengacu dari rilis KPU, debat capres besok Minggu akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Jadwal jam dimulainya debat ini sama seperti dua debat pilpres sebelumnya.

Peserta debatnya adalah calon presiden dari masing-masing kandidat. Mereka adalah Anies Baswedan dari pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto pasangan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo pasangan nomor urut 3.

Moderator dan Panelis Debat Ketiga Capres 2024

Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi ditunjuk sebagai moderator debat capres 2024 ke-3 pada besok hari Minggu. Ini merupakan ketiga kalinya, jurnalis senior Anisha Dasuki menjadi moderator debat.

Sementara itu, KPU juga menetapkan 11 panelis untuk merumuskan pertanyaan kepada ketiga capres. Para panelis itu adalah:

  1. Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia (UKI) Angel Damayanti
  2. Dosen Hubungan Internasional dan Ahli Kajian Industri Pertahanan dan Alih Teknologi Universitas Binus Curie Maharani Savitri
  3. Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia Evi Fitriani
  4. Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Hikmahanto Juwana
  5. Ahli Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada (UGM) I Made Andi Arsana
  6. Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina lan Montratama
  7. Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Irine Hiraswari Gayatri
  8. Pakar Keamanan Universitas Pertahanan (Unhan) Kusnanto Anggoro
  9. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) Marsetio
  10. Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia (UII) dan Senior Fellow CSIS Philips J Vermonte
  11. Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran (Unpad) Widya Setiabudi Sumadinata
Baca Juga  Ternyata Bukan Cuma ke Najwa Shihab, Netizen Ini Ungkap Komika Felix Seda Juga Pakai Guyonan Seksis "Kasur" ke Pacarnya

KPU menetapkan enam subtema untuk debat ketiga ini. Subtema tersebut menjadi dasar 11 panelis untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk para kandidat capres.

“Kemarin kan posisinya empat tema, nah pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri. Kemudian, hubungan internasional kami expand dengan globalisasi. Kemudian, geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri. Jadi, ada enam subtema yang nanti dibahas dalam debat ketiga pada tanggal 7 Januari,” ungkap Komisioner KPU August Mellaz.

Demikian penjelasan seputar jadwal debat capres 2024 ke-3 serta informasi tentang siapa moderator dan panelis yang akan bertugas besok Minggu.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *