Pakai Gambar dari Netizen Untuk Foto Profil, Gibran Rakabuming Raka Dapat Kritik karena Tak Bilang Terimakasih

Suara.com – Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendapatkan banyak kritik usai mengganti foto profilnya di akun X miliknya dengan gambar AI yang memperlihatkan dirinya tengah celingak-celinguk, gaya yang sempat ia peragakan pada Debat Pilpres 2024 pekan lalu.

Awalnya, banyak netizen mempertanyakan mengapa pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 seringkali menggunakan gambar dari teknologi AI untuk kampanye, dibandingkan menggunakan gambar desainer dan ilustrator lokal.

Padahal, dibandingkan dua pasangan capres dan cawapres lainnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming memiloki dana kampanye yang besar. Hal tersebut tampak dalam kolom reply Wali Kota Solo tersebut. 

“Ga lucu mas, minimal pake gambar yg commis ke artist dong jangan pake AI. Katanya dana kampanye paling gede,” kata @anakxxxx.

“Emang nyari commission artist ga ketemu-ketemu ya bro?,” tambah @abexxxx.

“Lu malu gasii gib sebenernya? Jujur jujuran aje inimah,” ucap @oogxxxx.

“MINIMAL PAKE DESIGN GRAFIS ANAAK BANGSA KETIMBANG AI,” ungkap @zhaxxx.

Melihat hal ini, seorang netizen pun akhirnya membuatkan gambar Gibran Rakabuming Raka yang sedang celingak-celinguk secara sukarela. 

“Ga tahan banget langsung aku bikinin, mas gibran stop using AI please, ilustrator di Indo nggak kurang-kurang lohh,” ujar @maybezahraa seperti yang Suara.com kutip pada Jumat (26/1/2024).

Melihat hal ini, Gibran Rakabuming Raka pun langsung memuji gambar tersebut dan meminta izin untuk menggunakan karya netizen itu untuk foto profilnya di X. 

“Bagus banget. Boleh saya pakai ini? Sehat selalu ya Kak,” tulis dia. 

Meski meminta izin dan mendoakan orang tersebut agar selalu sehat, nampaknya Gibran Rakabuming melewatkan mengucapkan terimakasih kareja telah dibuatkan gambar. 

Tak sedikit netizen yang langsung menggruduk Gibran Rakabuming Raka dan mengingatkannya tentang etika dasar tersebut. 

Baca Juga  Ditangkap KPK, Korupsi Bersama Mertua

“”Bagus banget. Terima kasih banyak ya, kak. Izin saya hubungi untuk membayar karya ini ya. Sehat selalu ya Kak.” Izin, mas. Ini saya perbaiki kata-katanya,” kata @neoxxx.

“Wkkwkwk jangankan mau bayar bilang trimakasih aja kaga wksowkoskwkwkw,” ucap @aldxxxx.

“Emang bener ya sekarang susah banget nemuin kata -maaf -tolong -terimasih. Padahal ini etika dasar yg diajarkan guru atau orang tua buat pekerja kreatif tetap semangat ya,” tambah @windxxxx.

“Lhoo kalian ngarepin etika apa? Dia bilang maaf merepotkan? bilang terimakasih sudah dibuatkan? Dia jadi Cawapres aja hasil dari pelanggaran etika, bare minimum soal etika aja diturunin sama dia, masa ngarepin dia punya etika yg normal sih,” ujar @terbxxxx.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *