Tips Cegah Munculnya Ketombe Selama Musim Hujan, Harus Sering Keramas?

Suara.com – Masalah kesehatan kulit kepala kerap jadi keluhan sejumlah orang saat cuaca mulai masuk musim hujan. Salah satu gangguan yang sering terjadi ialah munculnya ketombe.

Penyebabnya lantaran suhu udara cenderung lebih dingin saat hujan. Ditambah juga kelembaban udara yang meningkat, sehingga dapat memicu munculnya ketombe karena udara yang dingin dan lembab.

Walaupun hujan belum turun secara teratur, masih ada waktu untuk mempersiapkan diri dan mencegah ketombe muncul bila harus banyak beraktivitas di luar ruangan. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit kepala di tengah musim hujan saat ini:

1. Lindungi Kulit Kepala dari Dingin dan Lembab yang Berlebih 

Ilustrasi ketombe (freepik.com/freepik assets)

Pada musim penghujan, suhu cenderung lebih dingin ditambah kelembapan udara meningkat. Kondisi ini dapat memicu peningkatan kemunculan ketombe karena udara yang dingin dan lembab, menyebabkan kulit kepala lebih rentan menjadi kering, serta membuat sel kulit jadi mati dan mengelupas. 

Pada akhirnya akan menyebabkan ketombe kering muncul. Sedangkan kulit kepala yang didiamkan basah terlalu lama tanpa di keringkan dengan baik juga bisa meningkatkan munculnya ketombe basah karena dapat terjadi penumpukan kotoran dan minyak.

2. Perkuat Scalp Barrier dengan Niacinamide  

Berdasarkan studi yang diterbitkan pada Journal of Cosmetics, Dermatological and Applications, kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali. 

Dermatologist dr. Danar Wicaksono, MSc., SpDV., menyarankan pakai produk perawatan kulit kepala dan rambut dengan kandungan niacinamide karena sangat bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga menjadi lebih kuat. Berdasarkan studi lainnya, niacinamide juga terbukti memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali.

Baca Juga  Perkara Motoran Bareng Ria Ricis, Manajer Raffi Ahmad Disangka Orang Ketiga

3. Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala secara Rutin

Kulit kepala cukup rentan terkena masalah ketombe basah maupun kering di tengah kondisi udara yang lembab dan dingin di musim hujan seperti saat ini. Risiko itu makin meningkat bagi orang-orang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, jangan pernah malas mencuci rambut paling tidak 2 kali per minggu secara rutin agar kulit kepala juga rambut selalu bersih. 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *