Benarkah Manusia Hanya Menggunakan 10 Persen Kemampuan Otaknya?

Tak Berkategori

Selasa, 8 Agustus 2023 – 10:08 WIB

VIVA Tekno – Rata-rata manusia berkembang hanya 10 persen dari kemampuan mentalnya , menurut William James dari Harvard . Gagasan ini muncul dengan sendirinya, kemudian beberapa mengklaim bahwa manusia hanya menggunakan 10 persen dari otak mereka. Tapi apakah itu benar?

Baca Juga :

Seseorang Bisa Mencintai Dua Orang dalam Waktu yang Sama? Ternyata Begini Pola Hati Manusia

Pernyataan tersebut tidak dapat disangkal salah. Sebaliknya, kita selalu menggunakan seluruh otak kita, menutu Erin Hecht , asisten profesor ilmu saraf evolusioner di Universitas Harvard .

Sementara itu, Julie Fratantoni seorang ahli saraf kognitif dan kepala operasi untuk The BrainHealth Project di University of Texas di Dallas menyebut itu sebagai mitos yang lucu. 

Baca Juga :

Rakesh dan Pooja Bahirwani Patahkan Mitos Tentang Suami-Istri di Dunia Kerja

Dia bahkan tidak yakin apakah 10 persen mengacu pada volume atau yang lainnya. Menurutnya mitos ini begitu meresap sehingga para siswa menanyakannya.

“Di kelas saya, setiap kali ada yang mengemukakan mitos itu, saya berkata, ‘Jika Anda hanya menggunakan 10 persen dari otak Anda, Anda mungkin terhubung ke ventilator’,” kata Hecht .

Baca Juga :

Kecanduan Pornografi Sejak SD, Billie Eilish Akui Otaknya Rusak

Hecht menyamakan aktivitas otak dengan jantung saat tubuh beristirahat di jantung mana yang terus diaspal meskipun tidak bekerja secara maksimal. Demikian pula, seluruh otak dan sel-selnya , yang disebut neuron , selalu aktif meski hanya pada tingkat dasar. 

“Neuron harus aktif pada semacam level dasar untuk menjaga diri mereka tetap sehat,” katanya, dilansir dari situs Live Science , Selasa, 8 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya

Sumber : IG @katadokter_official

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *