Ketua DPRD DKI Minta Ada Anggaran Kunjungan Kerja ke Luar Negeri di APBD 2024

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengusulkan program kunjungan kerja ke luar negeri dalam Rapat Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta di Ruang Rapat Paripurna, Rabu malam, 9 Agustus 2023. 

“Daripada kunker (kunjungan kerja) ke Brebes, Tegal beli telur asin, kentutnya bau. Mendingan berangkat kami ke luar negeri,” kata politikus PDIP itu.

Menurut Prasetyo, kunjungan kerja ke kota lain di Indonesia tidak menghasilkan dan mendapatkan sesuatu yang baru. “Kalau kami kunker ke Tangsel (Tangerang Selatan), Bogor, dapat apa? Gak dapat apa-apa” tutur dia.

Prasetyo mencontohkan DPRD DKI bisa berkunjung ke Jepang untuk belajar mengatasi permasalahan sampah. Ia menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Negeri Sakura itu. Menurut dia, di sana tidak bau sampah karena warganya yang disiplin.

Ia mengkritik kunjungan kerja ke luar negeri yang dilakukan oleh ASN-ASN Pemprov DKI, tapi saat rapat bersama DPRD tidak bisa memberikan penjelasan.

“Nah, kalau ada keberangkatan kayak itu, itu aja Komisi B berangkat, kunjungan kerja bareng-bareng. Supaya ilmunya bareng-bareng sama, jangan lu pinter sendiri atau saya pinter sendiri, kan, jangan,” kata Prasetyo 

Dengan kurangnya informasi tersebut, ia merasa tidak semua anggota dewan mengerti ketika membahas masalah pemeliharaan sampah dalam Rapat Badan Anggaran “Enggak nyampe, Pak” kata Prasetyo kepada Sekda DKI Jakarta, Joko Agus Setyono.

Iklan

Selain menceritakan pengalaman kunjungan kerja ke Jepang, ia juga menceritakan saat kunker ke Moskow, Rusia yang menurut keterangannya, budaya Indonesia mudah diterima di sana. Pasalnya ada patung Bung Karno di tengah kota. 

Selain itu, setiap tahun ada 300 orang penerima beasiswa S2 dari Indonesia. Prasetyo mengungkapkan keinginanya untuk melakukan pertukaran Budaya ke Moskow “Nah, kami juga, pertukaran budaya, lah, ke sana, dia mau” ucap dia.

NUR KHASANAH APRILIANI

Pilihan Editor: Heru Budi Beberkan Kewenangan Jakpro dalam Renovasi JIS, Salah Satunya Ganti Rumput Lapangan

 

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *