Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Arena untuk FIBA World Cup 2023

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan stadion multifungsi Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 7 Agustus 2023.

“Hari ini kita telah memiliki yang namanya Indonesia Arena, Sebuah stadium dengan kapasitas 16 ribu penonton kurang lebih (dan) dibangun dengan biaya Rp 640 miliar,” ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan kata sambutan.

Pembangunan Indonesia Arena yang dimulai pada Desember 2021 rampung pada Juni 2023. Tempat ini memiliki luas 37.200 meter persegi dengan kapasitas lebih dari 16 ribu penonton dan dibangun untuk menggelar ajang FIBA World Cup 2023.

Sebelumnya, Indonesia Arena telah digunakan untuk menggelar ajang Indonesia International Basketball Invitational pada 2-5 Agustus lalu. Kejuaraan itu diikuti timnas Indonesia, Indonesia Patriots, Suriah, dan Uni Emirat Arab.

Jokowi takjub dengan cepatnya pembangunan Indonesia Arena yang hanya memakan waktu 18 bulan. Ia mengungkapkan Indonesia Arena tak hanya dapat digunakan untuk kegiatan basket, tetapi olahraga lain, seperti voli, futsal, dan bulu tangkis. Selain itu, dia ingin agar tempat ini juga bisa dimanfaatkan menggelar acara di luar olahraga.

“Sekarang yang mau konser silahkan daftar karena saya yakin ini akan lebih banyak digunakan untuk konser. Tapi saya lebih senang kalau dipakai untuk olahraga, tetapi konser juga penting karena saya suka,” ucapnya.

Iklan

Selain Jokowi, peresmian Indonesia Arena turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Badan Usaha Milik Rakyat sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heri Budi Hartomo, Ketua Umum PP Perbasi Jefri M Rapar, perwakilan PP PBSI, hingga Brand Ambassador FIBA World Cup 2023 Cinta Laura.

Acaranya dibuka dengan penampilan penyanyi dangdut Wika Salim, dilanjutkan selebrity fun match antara Happy Ballers melawan Kuy Media Group, kemudian ditutup penampilan grup band Cokelat. Adapun beberapa selebriti yang berpartisipasi dalam laga ini adalah Mario Lawalata, Rico Ceper, Sean Gelael, Andovi Da Lopez, Maria Selena, Wendy Walters, Bams ex-Samsons, Udjo dan Yossi Project Pop, Choky Sitohang, hingga Augie Fantinus.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, pada siang hari ini saya resmikan Indonesia Arena di kawasan GBK, Senayan, Jakarta,” kata Jokowi.

Pilihan Editor: Piala Dunia Catur 2023, Medina Warda Aulia Lolos 16 Besar: Kado untuk Indonesia dan Percasi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *