Soft Launching Kereta Cepat Jakarta-Bandung 18 Agustus, Ini Pesan Guru Besar UI

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Guru besar transportasi dari Universitas Indonesia Sutanto Soehodho mengingatkan beberapa hal menjelang soft launching Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Soft launching akan digelar pada 18 Agustus 2023 dan akan dihadiri oleh Presiden Joko Wododo alias Jokowi, sekaligus menjadi tanda uji coba penumpang.

Sutanto mengatakan untuk soft launching perlu ditekankan penerapan kecepatan yang tidak full speed, kecuali jika izin uji keseluruhan sistem sudah disertifikasi. “Isu keselamatan harus dikedepankan bukan hanya sekedar show case,” ujar dia saat dihubungi pada Senin, 7 Agustus 2023.

Dia juga menuturkan jika soft launching memberikan kesempatan penumpang naik atau turun di setiap stasiun, tentu kesiapan infrastruktur dan fasilitas harus dipastikan berfungsi sesuai desain. Termasuk bagaimana sirkulasi penumpang naik atau turun berjalan aman dan nyaman. 

Selain itu, dia juga mengingatkan soal jangan sampai ada insiden kelebihan penumpang, sistem pamadam kebakaran, dan pintu-pintu evakuasi juga harus dipastikan berfungsi normal. “Lebih jauh angkutan lanjutan penumpang walau masih dalam persiapan atau uji coba juga penting untuk dapat dioperasikan dengan baik,” ucap Sutanto.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa saat soft lauching pada 18 Agustus nanti masyarakat bisa mencoba sepur kilat itu secara gratis. “Jadi dari presiden (Presiden Jokowi) sudah kasih instruksi bahwa kita berikan rakyat kita sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis,” ujar dia pada 22 Juni 2023.

Luhut tidak menjelaskan detail mekanisme dari masyarakat yang bisa menjajal kereta cepat secara gratis. Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa program gratis itu akan dilakukan sampai dengan Oktober 2023.

Iklan

“Soft operation, uji coba. Gratis sampai Oktober, penumpangnya akan dipilih,” ucap Budi Karya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, masyarakat bisa ikut mencoba kereta cepat itu gratis mulai 18 Agustus 2023. “Dari 18 Agustus selama 90 harian kereta cepat akan digratiskan pada warga. Silakan daftar, nanti akan ada pembukaan secara online,” kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan, kapasitas kereta tersebut dalam satu set rangkaian sekitar 600 orang. “Kapasitas per set kereta itu sekitar 600-an penumpang, siapa yang ingin, tidak bayar, orang desa, anak kecil, semua yang mau piknik bisa ikut ticket war untuk mencoba kereta api cepat tanpa bayar selama 90 hari atas arahan Bapak Presiden sehingga semua bisa merasakan,” kata dia.

MOH KHORY ALFARIZI | AHMAD FIKRI



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *